Cara Aktifkan 'Mode Gelap' di WhatsApp


Mode gelap atau yang lebih sering di kenal dengan sebutan Drak Mode kini sudah bisa di nikmati di media sosial seperti Instagram, YouTube, Messenger dan lainnya. Namun, drak mode atau mode gelap di WhatsApp belum resmi dirilis, namun bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mencobanya, Anda bisa mencobanya dengan ini.

Mode gelap di WhatsApp bisa di nikmati di Android dan juga IOS, beberapa aplikasi sosmed pun sudah menggunakan fitur ini, seperti yang saya jelaskan di awal pembahasan tadi. WhatsApp diketahui sudah beberapa kali melakukan uji coba untuk mode gelap atau drak mode dan sudah menyediakannya dalam versi beta atau percobaan.

Meskipun belum dirilis secara resmi dan masih dalam tahap pengujian, Anda bisa mencoba mengaktifkan mode gelap WhatsApp dengan cara berikut ini.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp di Android

Catatan: Untuk Anda yang ingin mencoba mode gelap di WhatsApp, fitur ini bisa di gunakan pada versi Android Q atau sekarang di kenal dengan Android 10. Untuk Anda yang telah mendapat update versi Android Q, silahkan di update atau di download terlebih dahulu.

1. Masuk ke pengaturan / setting pada ponsel Anda, kemudian pilih Display => Select Theme => pilih Dark (mode gelap bawaan yang ditambahkan google pada Android Q atau Android 10).

2. Jika drak theme atau tema gelap sudah aktif, selanjutnya Anda perlu mengaktifkan opsi developer yang bertujuan untuk memberikan ijin. Cara mengaktifkannya sebagai berikut:

- Masuk ke menu setting / pengaturan

- Pilih About Phone / Tentang Ponsel

- Scroll ke bawah dan pilih dan tap / tekan beberapa kali 'Build Number' hingga muncul tulisan 'Developer Options is turned on' yang menandakan bahwa opsi developer telah aktif.

3. Jika Developer Option telah aktif, Anda cari 'Override force-dark' kemudian Anda klik (ini untuk memastikan bahwa Anda sudah bisa menggunakan tema gelap atau dark mode di WhatsApp).

4. Pastikan Anda menggunakan wallpaper gelap sebagi background pada WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap WhatsApp di IOS

Tidak hanya di Android, mode gelap atau dark mode juga bisa di nikmati di iOS. Untuk aktifkan mode gelap di IOS ada dua cara, yang pertama bisa menggunakan iOS 13 (saat ini masih versi public beta).

Bagi Anda yang sudah menginstall iOS 13 beta, selanjutnya masuk ke menu Setting / Pengaturan di ponsel Anda => Brightness and Display lalu Anda aktifkan mode gelap atau drak mode.

Cara yang kedua dengan menggunakan atau memanfaatkan 'Smart Inverse', caranya sebagai berikut.

Cara mengaktifkan Smart Inverse, masuk ke menu Setting / Pengaturan => Accessibility => Display Accommodations, kemudian pilih Smart Inverse.

Catatan: Setelah Anda mengaktifkan mode gelap di WhatsApp, disarankan untuk mengganti background wallpaper Handphone Anda ke yang lebih gelap.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Aktifkan 'Mode Gelap' di WhatsApp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel